Dani Arma

Dokter di Lubuklinggau. asal indralaya.

sedikit Perjalanan jd dokter

Skrg ini, bnyk sekali media yg menceritakan kejelekan rumah sakit, atau oknum oknum dokter, sehingga pandangan masyarakat ttg dokter yg selama ini sebagai sahabat n penolong mereka, nampak seperti pemeras saja, padahal tak ada secuil pun hubungannya antara penolakan rumah sakit terhadap pasien dg dokter. Krn setiap pasien yg masuk rumah sakit, haus ada indikasi, dan yg tidak ada indikasi tdk boleh masuj rumah sakit, krn rumh sakit sendiri berisi penyakit2 yg justru dpt menular kpd org2 yang sehat.

Saya ign menceritakan perjalanan seorang dokter.
Utuk menjadi dokter, saat ini butuh waktu 6-7 tahun, bila tidak ada hambatan, kl ada, bisa 8 atau tak hingga. Hm d universitas saya, memakan waktu 6, 5 tahun bila tanpa hambatan.

Menjadi dokter kamu harus lulus tes, tentu tau sendiri susahnya lulus tes d fk, baik itu pmdk, kemitraan, umptn, umb, dll. Setelah lulus kamu harus daftar dg sumbangan plg kecil 20jt untuk kelas reguler, dan 67,5jt untuk non reguler bandingkan dg fakultas lain yg plg mahal 10jt. Setiap semester kamu bayar 2,94jt utuk reguler dan 5jtan untuk non reguler bandingkan dg fakultas lain yg cm 740rb. Kalikan saja 3,5 tahun.

Saat kuliah, kamu harus membeli buku yg tentu tgantung dg kmampuan, mau asli atau bajakan, bahkan ada harga bukunya 1, 4jt.

Sblm jd dokter, kamu kuliah dulu 3,5 tahun, lalu nanti dpt gelar sarjana kedokteran.

Dimasa saya, dg 22 blok dlm 3, 5 tahun. Setiap blok memiliki kuliah, diskusi kasus, skill lab, dan praktikum laboratorium. Dngan kehadiran kuliah 80persen, skill lab 100persen, diskusi kasus 100persen, dan praktikum 100persen. Kalo kurang dari itu, mesti kamu ngk bs ujian, atau mbuat pernyataan khusus, meskipun kamu sakit. Setiap blok ada ujian tertulis, ujian lisan, dan ujian skill.

Diakhir pendidikan, kamu harus membuat skripsi, dan barulah kamu dilantik menjadi sarjana kedokteran, dan memasuki masa2 dokter muda alias koass d rumah sakit.

Iklan
Tinggalkan komentar »

Keberkahan Harta

Kemarin saya membaca sebuah tulisan dari bapak jamil azzaini.

beliau seorang motivator, dan pengusaha sukses, dia membahas tentang Keberkahan Harta.

kita lihat sekeliling kita, atau kita lihat diri kita sendiri, bagaimana harta yang telah kita dapatkan, apakah harta kita berkah, atau tidak. bagaimana menentukan keberkahannya? mari kita bahas.

kita lihat, ada orang kaya sangat bahagia, ada pula orang yang kaya tapi tak bahagia, ada pula sebagian orang yang tak begitu kaya tapi merasa bahagia, tapi lebih banyak yang tidak ada harta tidak bahagia. hee..*saya tidak mau mengkambing hitamkan, “biar miskin asal bahagia”, yang bener biar kaya asal bahagia..hee

kenapa hal itu terjadi? kenapa harta tidak membuat kita merasa cukup, bahkan selalu kekurangan, atau menjadi masalah bagi keluarga, anak, dan istri? atau membuat kita menjadi sombong, berselingkuh, dan menggunakan obat-obat terlarang? Keberkahan harta. itulah kuncinya, harta itu tak berkah, mengapa ia tak berkah? ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam mencari segenggam nasi dan setumpuk berlian ini, yaitu:

1. Cara kita mendapatkannya, tanyakan pada diri kita, bagaimana kita mendapatkan harta tersebut, apakah dengan cara yang di ridhai, atau dengan mnipu? pedagang memainkan timbangan, pejabat dengan korupsi, para guru seadanya saja mengajar, atau para dokter tidak pernah mengupdate ilmunya? ya..bisa jadi itu membuat ketidak berkahan..

2. Apakah merusak. mrusak bumi atau lingkungan, bahkan hubungan dengan orang lain, merupakan cara yang tidak berkah dalam mendapatkan harta.

3.Sudahkah kita bagikan?, yap, sudahkah kita sedekahkan sebagian harta kita? sudahkan kita mensucikannya?

itulah sebuah salah satu untuk menilai keberkahan harta kita.

Tinggalkan komentar »

Tingkatan Koas..

1. Koas Rajin (koas yang belum terkotori, dan stand by di konter sambil baca buku)

2.Koas Ngecap (Tiduran sambil nutup muka sama buku, ditanya selalu bisa jawab padahal ngecap)

3.Koas Ninja (antar konsul ke poli, jalannya sampe ke mall)

4. Koas Licik (ngilang, tiba-tiba ada saat mau pulang, *maaf dok tadi saya dari kamar mandi)

5.Koas Bandit (malam-malam jaga sampe tengah malam, kerjaannya nyolong obat, spuit, wing, apa aja yang dibutuhkan untuk keperluan pasien pribadi)

6.Koas samaran (koas yang suka nyamar dokter diluar, buka buka praktek juga)

7. Koas dewa (ini adalah tingkatan tertinggi, ngk pernah datang, jaga ngilaang, follow up ngecap, ujian dengan konsulen bantai koass tapi lulus,bisnis jalan, pasien rame, konsulen senang, psien senang, cuma koas rajin yang iri sama dia.)haaaa

3 Komentar »

Aq tungguin sampe lengkap!haa

 

Mitos sangat banyak di dunia medis, salah satunya mitos jaga! kalo mau jaga jangan mandi nanti banyak pasien, kalo mau jaga jangan ngomong sembarangan nanti banyak pasien, yaaa dia yang jaga malam ini? bakalan banyak pasien kita, atau yaa dia yang jaga? bakalan banyak pasien yang gawat datang…. yah..itulah mitos seputar jaga, tapi kadang2 terbukti, misalnya kalo si A yang jaga pasiennya bisa sampe puluhan karena si A pembawa, eh kalo si B yang jaga dia cuma satu atau dua pasien, karena dia penolak, nah kalo si C, pasiennya sedikit, tapi gawat semua…haa…bayangin lah gimana kalo A gabung sama C…pasien banyak dan gawat!!

nah, waktu di obgyn, aku termasuk dengan predikat pasien gawat, ada2 saja pasien yang datang. yang paling membuatku gusar ibu A. haa sbeut saja begitu.

sebenarnya ibu ini tidak gawat, tapi emang akunya aja terlalu sabar.haa…ibu ini sudah melahirkan 3 kali dan ini hamil yang ke empat, dan tanpa adanya abortus atau keguguran, bahasa kerennya G4P3A0, biasanya ibu2 seperti iniproses melahirkan akan lebih cepat dan mudah. aku telah menunggui ibu ini kurang lebih 6 jam sejak dia datang..dan teman2 yang lain memfollow up pasien lain…tiba-tiba..detik-detik puncak pun tiba…pembukaan lengkap!! tapi kepala masih agak tinggi, tapi ngk terlalu tinggi…tapi aku yakin ketika dia mengedan..insya Allah keluar dengan mudah… okeh aku lapor kk residen..

“brother…pasien dengan ini…dan ini…sudah begini..begini…” gayannya panggil brother…padahal “maaf kak..mau lapor..pasien dengan ini..ini..ini…” haa… “hm..tunggu aja dulu dek..setengah jam lagi insya Allah turun..biar lebih mudah” okeh kak..

28 menit berlalu…kk chief yang lebih tinggi datang…beliau sudah tau dengan kondisi pasien ini, dan memang sejak awal beliau bilang skitar 5-6 jam lagi lahir…karena mungkin salah paham…melihat ibu belum melahirkan…beliau dengan tegas *alias nada tinggi…oktaf delapan..haa… bilang “kenapa belum di pimpin…kalian ini…ambil handscoen!!!”

dengan sigap beliau mengambil handscoen, melakukan VT..dan beliau pimpin…”Bu, mengedan ya kalo mules”..dan…….plung…lahirlah janin laki-laki…tanpa ada laserasi di jalan lahir..dan aku…dengan pakaian yang telah lusuh…rambut berkeringat…bau badan ngk karuan…berdiri termenung..menyanyikan lagu dalam hati…teganya dirimu..mendustai…aku…..haaaaaa….
belum selesai di melahirkan saja..beliau lalu seakan mendengar nyanyian dan raut muka sedihku…seakan tau..beliau berkicau.. “kalian ini…kan tau kalo pasien dengan gravid yang banyak itu..memang dia terasa agak tinggi…karena elastisitasnya dah kurang..coba pimpin kalo turun..lanjutkan…” “dalam hati aku menjawab…Lanjutkn!!!” “kk residen yang mendampingiku pun berkata sambil menepuk dadaku..sabarkan hatimu wahai pemuda” haaaaa….. yaelah kak…kan emang kita mau pimpin tadi…tapi kami tunggulah 30 menit lagi biar turun..dan kk dimenit ke 28 datang…maka habislah kami kak… he…seandainya bisa kami jelaskan seperti itu.. ya nasib junior…nasib koas.. kalo dimarah… kembali ke kata2 pamungkas… Maaf, terimakasih kak…haaaa

1 Komentar »

Obgyn kayuagung

Obgyn, selalu menarik kalo diceritakan, tegang, dan selalu diingat..hee…di FK unsri itu, obgyn ada stase di rumah sakit utama RSMH, dan di daerah Sekayu, Kayu agung, dan muara enim….nah..diantara ketiga daerah ini, menurut beberapa penilaian koas..hee.. yang paling enak itu SEKAYU..karena sekayu sedang-sedang saja…pasiennya cukup banyak…ngk terlalu capek…dan bimbingannya banyak..hee…yang paling santai…Muara enim…pasiennya ngk terlalu banyak…orangnya baik-baik…nah yang paling terkenal capek…yaitu KAYU AGUNG!!! yeeee…yap..terkenal dengan banyak pasien…dan bla bla bla..dan aku..dapat kayu agung…kereeen..

hri pertama…kami perkenalan…

 

beda sekali di RSMH, dan di Kayuagung…Kalo di RSMH kasta koas itu barisan terdepan rumah sakit…he…kalo yang koas taulah maknanya… sedangkan kalo di daerah kita langsung berubah…dari koas…kita dipanggil dokter…cieeeee…*rasanya berbunga2 kalo di panggil dokter itu…padahal nanti juga dipanggil ya..aamiin..*maklum masa koas..ha

kita perkenalan dengan konsulen..lalu kita perkenalan di acara apel pagi…satu persatu kita maju dan memperkenalkan diri dilapangan yang besar itu.duuh…kereennya dokter muda…tibalah saatnya aku..

me : perkenalkan..nama saya M. Dani Hamid Arma…biasa dipanggil dani…saya dokter muda dari FK UNSRI…asal saya dari Indralaya..

Konsulen dan teman2 teriak: status…status..status..

me: (sambil berpikir…kalo dibilang jomblo salah…dibilang punya pacar belum.. tik tak tik tak dan ku jawab) status sudah ada..

para peserta apel: haaaaaaaaaaa (tertawa serempak…)

me: senyum2 malu…

konsulen: masih bujang dak…?

me: masih dok..masih bujang…

peserta: tertawa lagi makin keras…

me: senyum lebih lebar..senyum pepsodent.

dan akhirnya terkenallah aku….di VK..di OK…di IGD…di POLI….dimana2… oooo ini yang namanya dani…status sudah ada…haaa begitu ucap mereka..haaa

Tinggalkan komentar »