Dani

Dokter muda..struggling to doctor..

Perjalanan jd dokter (edisi doktermuda)

pada 24 Februari 2013

Dokter muda itu masa-masa yg seru, tapi tidak untuk diulangi..haa… doktermuda itu sarjana kedokteran, S1, sama dengan sarjana lainnya.. doktermuda adalah sarjana kedojteran yg sedang proses mengambil profesi gelar dokter. Keren kan? Hee..ternyata ngk sekeren nama dan statusnya..

Dalam masa2 doktermuda, kita harus melewati setiap stase klinik, mulai dari stase minor, dan stase mayor.

Doktermuda keren namanya tapi sedikt mau berbagi ttg deritanya.
Ada ngk prakarya yang berani marah2 sama sarjana?
Itulah yg tjadi sama sarjana kedokteran alias doktermuda.

Waktu jaga, ada ngk d3 atau sesama s1 yg berani nyuruh s1 lainnya? Pdhl tugas dia. Itulah yg tjadi dg doktermuda alias sarjana kedokteran dsuruh narik brankar atau ganti infus sama perawat, trus kalo ngk mau siapa yg bakal marah? Ya pasien akan menuduh dokter alias doktermuda ngk peduli dg pasie, ngk mau ganti ifus, ngk mau bantu bawa brankar.

Waktu jaga igd, jaga 24 jam, benar2 24 jam, siap2 ngk tidur, baru setelah kamu selesai ngurusi pasien, baru bisa istirahat, trus kalo pasien ngk pindah2 ke kamar gara2 ngk ada kamar, atau karena portirnya males2an ngk banun buat antar pasien, atau pasien ngeluh infus habis, siapa yg dpanggil? Dokter..yang dsalahkan? Dokter…padahal tugasnya dah beres kan? Marahi sana portir..dll.

Pernah jaga igd dan loe ngk duduk2 bjam2 krn pasien rame, trus pas mau istirahat, eh kursi loe d ambil pasien, dg alasan mrk, “maaf dok saya ini nunggui ibu saya, masa nk boleh duduk!”sambil marah2..eh sadar donk..itu ngk liat kaki saya dah brp jam ngk duduk? Trus pasien bakal marah lg sama dokter.

Pernah jaga OK alias kamar operasi, loe ngk bakal duduk2.. tidur dlantai..bahkan gk tidur krn operasi full..

Pernah jaga VK ibunya ngeluh kesakitan pengen SC, loe pikir SC ngk ada indikasinya? Buat loe mau, sakit ngelahirin ngk mau..bilang dokter gk ada rasa manusiawi ngliat pasien kesakitan.

Pernah jaga, dan tidur diatas kardus dbawah wastafel? Iitulah yg dialami dokter..

Pernah tidur diatas kursi? ITULAH YG DIALAMI DOKTER. Bukan sekali atau dua kali, tiap jaga ya gitu..

Apa kami digaji? Ngk!malah kami bayar spp.
Dkasih makan? Ngk.
Dkasih ucapan terimakasih? Malah dmarahi.
Loe pikir enak jd dokter muda? Pikir ulanglah.
ATAU kal dah jadi dokter apakah lebih besar dr buruh? Ngk. Gaji kami cm 1,25 juta. Buruh? 2jt. Gila kan? Kalo loe salah, kena 500jt. Gila kan? Sekarang loe msh mau jd dokter? Loe mrasa dhargai ngk?

Tapi kami menikmati..to serve n help you…
Kami membayangkan, bgmn jk itu keluarga kami.
Mknya jgn sering salahnpaham dg kami.
Kami bukan kacung,


2 responses to “Perjalanan jd dokter (edisi doktermuda)

  1. anita yuliani mengatakan:

    itu, unek2 atau ap de? Kalau dah jadi koas gudang keikhlasan dan kesabaran betul2 dibutuhin lebih dari biasanya.
    eh iya dak sengaja nyari bahan, eh mampir di blog dani..

  2. restu april mengatakan:

    kak, itu juga yang dialamin aku pas lagi praktek dirs. padahal targetan aku bukan ngedorong blangkar atau ngebeliin makanan karyawan sana. tapi apa boleh buat, ini proses yang harus kita jalanin. semanget kak, mungkin sekarang kaka udah jadi dokter bukan lagi dokter muda, doain aku yaaa yang masih kuliah buat dapetin salah satu julukan profesi tenaga medis🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: