Dani

Dokter muda..struggling to doctor..

Aq tungguin sampe lengkap!haa

pada 11 September 2012

 

Mitos sangat banyak di dunia medis, salah satunya mitos jaga! kalo mau jaga jangan mandi nanti banyak pasien, kalo mau jaga jangan ngomong sembarangan nanti banyak pasien, yaaa dia yang jaga malam ini? bakalan banyak pasien kita, atau yaa dia yang jaga? bakalan banyak pasien yang gawat datang…. yah..itulah mitos seputar jaga, tapi kadang2 terbukti, misalnya kalo si A yang jaga pasiennya bisa sampe puluhan karena si A pembawa, eh kalo si B yang jaga dia cuma satu atau dua pasien, karena dia penolak, nah kalo si C, pasiennya sedikit, tapi gawat semua…haa…bayangin lah gimana kalo A gabung sama C…pasien banyak dan gawat!!

nah, waktu di obgyn, aku termasuk dengan predikat pasien gawat, ada2 saja pasien yang datang. yang paling membuatku gusar ibu A. haa sbeut saja begitu.

sebenarnya ibu ini tidak gawat, tapi emang akunya aja terlalu sabar.haa…ibu ini sudah melahirkan 3 kali dan ini hamil yang ke empat, dan tanpa adanya abortus atau keguguran, bahasa kerennya G4P3A0, biasanya ibu2 seperti iniproses melahirkan akan lebih cepat dan mudah. aku telah menunggui ibu ini kurang lebih 6 jam sejak dia datang..dan teman2 yang lain memfollow up pasien lain…tiba-tiba..detik-detik puncak pun tiba…pembukaan lengkap!! tapi kepala masih agak tinggi, tapi ngk terlalu tinggi…tapi aku yakin ketika dia mengedan..insya Allah keluar dengan mudah… okeh aku lapor kk residen..

“brother…pasien dengan ini…dan ini…sudah begini..begini…” gayannya panggil brother…padahal “maaf kak..mau lapor..pasien dengan ini..ini..ini…” haa… “hm..tunggu aja dulu dek..setengah jam lagi insya Allah turun..biar lebih mudah” okeh kak..

28 menit berlalu…kk chief yang lebih tinggi datang…beliau sudah tau dengan kondisi pasien ini, dan memang sejak awal beliau bilang skitar 5-6 jam lagi lahir…karena mungkin salah paham…melihat ibu belum melahirkan…beliau dengan tegas *alias nada tinggi…oktaf delapan..haa… bilang “kenapa belum di pimpin…kalian ini…ambil handscoen!!!”

dengan sigap beliau mengambil handscoen, melakukan VT..dan beliau pimpin…”Bu, mengedan ya kalo mules”..dan…….plung…lahirlah janin laki-laki…tanpa ada laserasi di jalan lahir..dan aku…dengan pakaian yang telah lusuh…rambut berkeringat…bau badan ngk karuan…berdiri termenung..menyanyikan lagu dalam hati…teganya dirimu..mendustai…aku…..haaaaaa….
belum selesai di melahirkan saja..beliau lalu seakan mendengar nyanyian dan raut muka sedihku…seakan tau..beliau berkicau.. “kalian ini…kan tau kalo pasien dengan gravid yang banyak itu..memang dia terasa agak tinggi…karena elastisitasnya dah kurang..coba pimpin kalo turun..lanjutkan…” “dalam hati aku menjawab…Lanjutkn!!!” “kk residen yang mendampingiku pun berkata sambil menepuk dadaku..sabarkan hatimu wahai pemuda” haaaaa….. yaelah kak…kan emang kita mau pimpin tadi…tapi kami tunggulah 30 menit lagi biar turun..dan kk dimenit ke 28 datang…maka habislah kami kak… he…seandainya bisa kami jelaskan seperti itu.. ya nasib junior…nasib koas.. kalo dimarah… kembali ke kata2 pamungkas… Maaf, terimakasih kak…haaaa


One response to “Aq tungguin sampe lengkap!haa

  1. dani.. mampir-mampir dblog aku ye pak dokter.. hehe..
    sumpah dak ngerti tulisan apakah ini gernagan😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: