Dani

Dokter muda..struggling to doctor..

tanda kematian Lanjut.. (lebam dan kaku)

pada 26 Maret 2012

tanda..kematian..lanjut…LANJUTKAN!! he..

dalam tanatologi (ilmu yang mempelajari tentang perubahan pada kematian, penyebabnya) salah satunya tanda kematian lanjut…apa aja? cek this out..cie..he

1. Lebam mayat (disebut juga Livor mortis, ingeti aja Lebam huruf awalnya “L” jadi Livor mortis).

lebam mayat adalah warna merah ungu (livide) pada bagian terbawah tubuh. hal ini terjadi karena penumpukan eritrosit di bagian bawah tubuh akibat pengaruh gravitasi. cara memeriksanya lebam di tekan lama, kalo dhilang berarti itu lebam, ingat lebam beda dengan memar!!. Lebam ini mulai timbul setelah 30 menit kematian, makin lama makin luas, setelah 8-12 jam lebam bakal menetap artinya kalo kita tekan dia ngk hilang, hal ini terjadi karena darah yang tadi di kapiler telah menembus dan memasuki jaringan.  nah warna lebam juga penting, kalo lebam biasa dia berwarna merah ungu (livide) kalo dia karena keracunan biasanya berubah warnanya, keracunan CO warna merah bata, keracunan Sianida merah cerah. emang gunanya apa? nah dengan melihat lebam, kita bisa menentukan saat kematian, posisi saat dia mati, dan juga kalo warna lebam beda dari biasa, kita bisa menduga racun apa.

2. Kaku Mayat (rigor Mortis)

sebelumnya kita ingat bagaimana otot itu relaksasi dan kontraksi. otot berkontraksi karena adanya aktin dan miosin yang saling mendekat atau mengait, kemudian lepas, nah pada orang yang telah mati, kegagalan glukoneogenesis membuat glikogen di otot tidak dapat di sediakan lagi, sehingga semakin lama ikatan aktin dan miosin semakin dekat dan kuat.karena itulah terjadi kaku.

Kaku terjadi pada seluruh bagian otot, otot lurik dan otot polos, nah kekakuan mulai timbul 2 jam setelah mati, lengkap setelah 12 jam, menetap selama 12 jam, dan kemudian menghilang mulai dari yang pertama kaku.

karena masa otot yang berlainan, sehingga besarnya energi yang terdapat di otot juga berlainan, akibatnya otot yang semakin besar, semakin lama kaku, biasanya kekakuan dimulai dari sendi2 kecil, itu jugalah kenapa suhu, dan aktifitas fisik mempengaruhi cepat lambatnya kaku mayat, jadi pada orang kurus kaku lebih cepat.

dengan melihat kaku mayat, kita bisa tau, perkiraan waktu kematian.

 


One response to “tanda kematian Lanjut.. (lebam dan kaku)

  1. kata kata mengatakan:

    meskipun kematian hanyalah Allah yang tau, akantetapi ada beberapa gejala yang menjadi tanda kematian yang bisa kita pelajari…
    semoga kita mati dalam keadaan allah rido kepada kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: