Dani

Dokter muda..struggling to doctor..

Tanatologi..

pada 26 Maret 2012

Pertama kali dengar istilah ini, agak bingung juga…aku pikir tentang ilmu tanah..haaa berarti di forensik bakal belajar tentang tanah2 yang menimbun manusia..hee…ternyata beda!!! bukan itu…

Tanatologi adalah cabang ilmu forensik yang mempelajari kematian dan perubahan yang terjadi setelah kematian serta faktor yang mempengaruhi perubahannya.

nah jadi kita bisa mempelajari kematian itu serta kalo yang udah mati, kita bisa lihat apa yang terjadi dengan dirinya, dari sana nanti bisa di tentukan waktu kematian, posisinya, apakah benar dia mati normal atau dibunuh, dan lain-lain, jadi penting banget.

kita mesti tau dulu apa itu mati.

mati itu ada banyak, nah kalo mati yang benar-benar mati atau istilahnya mati somatis atau mati klinis adalah terhentinya fungsi susunan saraf pusat, kardiovasular, dan sistem pernafasan secara menetap. jadi mati itu ditentukan oleh SSP, Kardio, dan pernafasan! 3 sistem utama ini.

selain mati klinis (somatis) ada juga mati suri yaitu kalo di lihat mati, tapi sebenarnya dengan alat yang lebih modern belum. Mati seluler yaitu kematian sel setelah mati klinis, nah kenapa orang gantung diri masih mengeluarkan saliva, padahal kan dah mati, itulah tanda dia belum mati seluler, baru mati klnis. mati serebral, nah mati kedua hemisfer kecuali batang otak dan serebellum, jadi kardio dan pernafasan masih bisa berfungsi dengan bantuan alat. mati otak ini mkerusakan seluruh isi kranial, termasuk batang otak dan serebellum.

so kematian apa? beda mati dan kematian? kalo kematian itu suatu proses yang dapat dikenal secara klinis pada seseorang tentang tanda kematian yaitu yang terjadi pada tubuh mayat baik dini maupun lanjut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: