Dani

Dokter muda..struggling to doctor..

Ogan Ilir

pada 26 Januari 2011


Ogan ilir adalah sebuah kabupaten di wilayah provinsi sumatera selatan. Ogan ilir merupakan satu dari kabupaten baru hasil pemekaran wilayah di wilayah provinsi sumatera selatan ini.

Dahulu, Kabupaten yang baru menginjak usia ke tujuh pada bulan januari kemarin, merupakan bagian wilayah kabupaten Ogan Komering Ilir, namun sejak tahun 2004, Ogan ilir resmi dibentuk menjadi kabupaten baru di provinsi sumatera selatan.

Kabupaten yang beribukota di Indralaya ini terletak tidak jauh dari Palembang, sekitar 30 km, sangat banyak menyimpan sebuah rahasia, dan sumber daya yang melimpah, namun kita sendiri, sebagai warganya kadang belum tahu.

Lantas apa menariknya ogan ilir? Hal inilah yang ingin saya sampaikan di tulisan kali ini. Yang ingin saya sampaikan pada dunia, dan bangsa Indonesia umumnya, serta Pada rekan-rekan saya Mahasiswa Universitas Sriwijaya yang mencari ilmu di kabupaten ini. Bukan sebagai membangga-banggakan, tidak, tetapi hanya ingin membuat kita tahu, sedikit tentang kabupaten muda ini.


Kenal dengan songket??tentu kenal..ternyata pakaian khas sumatera selatan ini, merupakan pakaian yang sudah dipakai para raja sejak zaman dahulu kala, nah, konon katanya, daerah di Ogan Ilir, yaitu daerah Muara Penimbung dan sekitarnya merupakan jalan utama pada masa dahulu, disana tinggal banyak sekali pengrain pakaian istana, dan hingga kini, saat ini masih banyak pengrajin songket di daerah ini, bahkan songket-songket itu menjadi mata pencaharian mereka. Jadi bias dibilang si Empu dari songket zaman dahulu, berasal dari sini.


Tau kerajinan Perak dan emas??tentu tau. Sering sekali kita lihat mulai dari mal Palembang hingga pasar 16 menjual cincin dan kalung yang ada ukiran nama, bahkan bias kita pesan ukiran namanya mengukir nama kita, ternyata, pengrajin emas dan perak ini, berasal dari derah ogan ilir juga, tepatnya di daerah Tanjung batu. Para empu ada disini, so kerajinan inipun membanjiri daerah ini.


Tau kelempang??hm.. lezatnya menikmati kelempang sambil makan pempek, ya..ternyata makanan ini pun banyak produsennya di ogan ilir, tepatnya di daerah kerinjing, daerah ini merupakan sentral pembuatan kelempang di ogan ilir, mulai dari kelempang, kerupuk, hingga makanan lainnya, nah..jangan-jangan kelempang yang anda makan di took-toko mewahpun berasal dari sini..ayo….


Selanjutnya, mari kita lihat kota nanas..Prabumulih..ya kota ini berhamburan dengan nanas,..tapi taukah anda dimana nanas-nanas itu di tanam??tepat sekali, ogan ilir. Ya sekali lagi daerah kecamatan tanjung batu, hingga payaraman merupakan sentral penanaman nanas ini, karena jalannya yang merupakan salah satu jalan alternative ke prabumulih dan baturaja, maka sangat mungkin hasilnya dijual ke daerah sana, ya..begitulah..produsen hilang nama.heee…

Hm..lanjut kita ke pabrik gula..Ogan ilir memiliki sebuah pabrik gula, bernama cinta manis, memang manis gulanya, ratusan hektar bahkan ribuan, atau puluhan ribu, (saya tidak tahu juga) tebu ditanam disini, PTPN cinta manis pun mendirikan pabriknya disini, menghasilkan gula-gula yang manis sekali..

Karet..adalah sebuah hasil dari ogan ilir yang cukup memadai, memang tidak terkenal seperti perkebunan minanga ogan, tetapi karet di sini cukup melimpah, meliputi daerah tanjung batu, payaraman, hingga muara kuang, bahkan anda tau percetakan rambang??ya percetakan rambang, serta yayasan IBA yang ada di Palembang merupakan milik juragan karet yang tinggal di daerah Rambang ini. He..orang-orang disini tajir semua lo..rumahnya disini kayu, tapi di tempat lain..waw…entahlah..bahkan kalo lagi musim karet konon katanya showroom mobil di pindah ke daerah ini.

Tentu masih banyak lagi..Ada Sumur-sumur minyak yan tersebar di ogan ilir, ada juga Rumah Knock Down yang terdiri atas rumah ukir dari kayu, atau tempat bersandar dari kayu…yang hingga Presiden ke 3 megawati membeli disini. Ada juga wallet, dan lain-lain.

Untuk sumber daya manusia, ogan ilir memiliki beberapa artis ternama, diantaranya Helmi yahya dan tantowi yahya. Disinipun didirikan sebuah universitas negeri satu-satunya di sumatera selatan, ya univesitas sriwijaya.


Lantas, apa keburukannya???ya, masih kurangnya perhatian pemerintah, dan kecerdasan pemerintah dalam mengelola Ogan ilir, hingga jalanan berlubang semua, sekolah, hingga fasilitas kesehatan sangat mengkhawatirkan, belum lagi kebobrokan pemerintahnya. So bagaimana menyelesaikannya??hm.. kita berdoa saja semoga ada Pemimpin yang akan mampu merubah itu semua..gimana dengan anda??insya Allah…


SIAP MENUJU OGAN ILIR 1 2025 dr.M.Dani Hamid Arma SpB. Insya Allah, jika Allah mengizinkan, jika tidak, ya tak apalah, semoga niat baikpun mendapat pahala…amiin…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: