Dani

Dokter muda..struggling to doctor..

Tutorial di FK

pada 4 Agustus 2010


Kenalan DUlu…

PBL (problem base learning) yang dalam indonesianya dapat di artikan belajar berdasar kasus sering disebut dengan tutorial. PBL atau Tutorial adalah suatu proses belajar yang paling mengasyikkan dan mendapat pemahaman paling mudah, prosesnya yaitu dengan menelaah atau membahas berbagai kasus sesuai dengan blok yang di pelajari.

Pertama, kita akan di bagi dalam beberapa kelompok kecil, kalo kami FK Univ. Sriwijaya angkatan 2008 reguler yang terdiri atas 115 siswa, sering di bagi menjadi 9,10,11, atau 12 kelompok oleh pegawai dari FK. Hal ini dapat terjadi karena ketergantungan pada tutor yang akan mengisi tiap ruangan.

Kedua, setelah di bagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok akan memasuki ruangan tutorial masing2. di dalam ruangan ini tersedia white board, spidol, meja diskusi, tempat duduk, dan saat ini alhamdulillah semua ruangan terasa nyaman dengan adanya AC.

Ketiga, setelah terkumpul semua seluruh anggota tutorial tiap kelompok, maka akan lebih baik jika sebelum tutor dating kita sudah berdiskusi untuk menentukan ketua kelompok, sekretaris meja, sekretaris papan tulis. Ketua kelompok atau moderator bertugas memimpin tutorial, sekretaris meja bertuga untuk mencatat hasil tutorial, dan sekretaris papan tulis bertugas untuk mencatat di papan tulis saat diskusi.

Keempat, ketika tutor memasuki ruangan, maka kita akan memulai diskusi, tutor akan memperkenalkan diri, jika dia lupa maka kita yang meminta. Setelah itu masing2 kita berkenalan (jika ini masih pertama kita tutorial), mengisi absen


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: