Dani

Dokter muda..struggling to doctor..

Mengenal KBK di FK UNSRI

pada 4 Agustus 2010

FK merupakan salah satu fakultas terfavorit yang ada di seluruh Universitas yang ada di Indonesia baik negeri maupun swasta, hal ini mungkin karena Dokter telah menjadi salah satu cita-cita para penerus bangsa dan juga merupakan suatu profesi yang masih menjadi kebanggaan bagi kebanyakan masyarakat Indonesia.

Tidak ada salahnya jika para penerus bangsa mencita-citakan hal ini, namun berbeda dengan fakultas lain, fakultas kedokteran memiliki perbedaan tersendiri dalam upaya pendidikannya, dan memiliki system tersendiri baik dalam proses studi maupun ujian, dan Universitas Sriwijaya yang Fakultas Kedokterannya telah terakreditasi A pun berusaha memberikan pendidikan terbaik bagi calon dokter itu, berikut saya jelaskan sepanjang pengetahuan saya tentang Proses belajar di FK!!!

Proses Belajar : – IT ( Integrated Teaching)

yaitu belajar di ruang kelas yang berisi seluruh anak FK satu angkatan kita mendengar kuliah dari seorang dokter, belajarnya menggunakan slide jadi setelah kuliah langsung bisa ngopy slide trus belajar dirumah. Nah bedanya, kita ngk dikasih oleh dosen hard copynya, jadi harus ngeprint sendiri.

– PBL (Problem Base Learning) biasa di sebut juga tutorial.

Proses belajar ini ntar kita satu kelas di bagi menjadi beberapa kelompok biasanya sepuluh sampai dua belas kelompok. Kemudian kita menuju ruangan yang telah disediakan untuk masing-masing kelompok. Tenang saja semua kelompok mendapat ruangan yang nyaman dengan fasilitas sebuah meja besar untuk diskusi, kursi yang empuk, white board, dan ruangan AC. Setiap kelompok juga akan memiliki seorang dosen sebagai tutor dalam diskusi. Dalam proses belajar ini, setiap kelompok mendapat sebuah kasus sebuah penyakit yang persis sama. Kasusnya dalam bentuk sebuah cerita, ini contoh kasusnya : “Lenang, married, 34 years old male, hospitalized due to being suspected having lung malignancy. Doctor planned to perform diagnostic examination by using the device that will be entered through the patient`s mouth. By the time the doctor in about to perform the procedures, the patient gets panic, he screamed and thought that is about to be strangled. Then the examination is failed to be performed.” Trus kita diskusikan kasus ini menurut Seven Jump yang telah diajarkan pada awal kuliah. Yaitu – Klarifikasi Istilah, – Identifikasi masalah, – analisis masalah, – hipotesis, – Kerangka konsep, – Learning Issue, dan – Sintesis. Dalam setiap tutorial kalian akan dinilai, mulai dari sikap, rasa antusias, sampai keaktifan dalam berdiskusi, tetapi walau kalian aktif, kalian ngk boleh hyper aktif, karena itu malah akan mengurangi nilai kalian. Sekedar Tips, sebelum tutorial sebaiknya kalian belajar dirumah agar otak kalian sudah terisi dengan materi, baca saja slide dari dosen sebagai bahan awal persiapan tuk hari ini.

Setelah melakukan Tutorial, maka masing-masing kelompok harus membuat laporan yang akan dikumpulkan pada dosen dan bahan presentasi yang akan di presentasikan di kelas didepan seluruh teman-teman dari kelompok lain yang biasa kita sebut Pleno. Di pleno inilah nanti kita saling memberikan informasi tambahan dan memperjelas hal-hal yang masih kita anggap kurang tepat. Ingat, saat pleno tidak ada yang merasa kelompok terhebat atau terbaik, karena kita semua belajar dan kita semua bersaudara.

– Practikum ,

yaitu kita masuk ke Laboratorium untuk mendapat kuliah dari dosen, di Laboratorium kita akan langsung belajar baik itu menemui cadaver, mikroskop, bahan kimia, bahkan sampai ke komputer. Di FK ada beberapa Laboratorium, tentunya nanti kalian juga akan mengenal laboratorium itu semua. Yang mesti kalian ingat, setiap praktikum kalian harus menyiapkan semua alat yang harus kalian bawa : o Jas Lab (Biasanya panitia menjual saat PPK(ospek)) o Sandal jepit o Sarung tangan o Name Tag (ntar dibuatin oleh T.U) o Buku Catetan o dll

– Skill Lab,

nah bedanya skill Lab ama praktikum, kalo di praktikum kamu ngerti ato ngk itu urusan kamu, dan kamu ngk wajib buat laporan atau ngerjain tugas, tapi, namanya Skill Lab, kamu mesti dan harus bisa, karena disini kamu akan dilatih berbagai hal yang akan kamu lakukan baik dalam proses maupun setelah menjadi dokter nantinya. Biasanya juga kamu diminta membuat laporan hasil skill lab kamu.

– Belajar Mandiri,

Anak FK dari dulu ampe sekarang terkenal banget dengan yang namanya membaca dan menghafal, masih ingat dulu ” Ini Ibu Budi” nah di eFKa kamu akan mulai menemukan nama-nama ilmiah dan sistem di seluruh bagian tubuh, yang hanya kamu dapatkan dalam satu kuliah, gimana bisa paham kalo ngk belajar mandiri di rumah. Dan akan berbahaya jika kamu tidak berlajar.

PROSES PENILAIAN :

– Assignment,

setiap blok kita akan mendapat tugas dari ketua blok untuk membuat semacam laporan alias tugas. Nah tugas ini biasanya dikumpul sebelum ujian blok. So bisa nyantai sebentar tapi jangan kebablasan. Assignment akan membantu sekitar 10-20% dari total nilai blok.

– Log book,

biasanya mulai blok 4 alias blok anatomi, kita mendapat log book dari ketua blok. Log book ini kita isi dengan hasil belajar kita dalam blok tersebut. Berisi pemahaman dan hasil catatan kita. Log bok akan membantu nilai blok sekitar 5%.

– Practikum,

Mulai dari blok 4 juga kalian akan memulai praktikum di laboratorium. Mulai dari laboratorium anatomi, biomed, biokim, dan lainnya. Nah setiap belajar di Lab. Kita akan mendapatkan Pre test yaitu test sebelum belajar, ini ngk di ambil nilai. Dan Post Test, yaitu test setelah Praktikum, yang ini diambil nilainya. Sekitar 10-15% nilai blok berasal dari sini.

– Tutorial,

Seperti yang sudah ku bilang sebelumnya, dalam proses belajar ada yang namanya tutorial dan disini kalian akan dinilai oleh tutor. Makanya jangan lupa isi absen ya. Tru aktif aktif di diskusi, ngk usah takut ngasih saran, jangan Cuma bernafas aja dalam ruangan ini. Sekitar 10% nilai blokmu di dapat dari sini.

– Ujian Blok,

Mungkin ini yang di tanya dari tadi, mana Ujiannya. He.. Ujian di eFKa ada banyak banget, dan kalian akan terbiasa dengan setiap ujian tersebut. Kalian juga harus memulai membiasakan dengan nama ujiannya ya. Ini beberapa jenis ujian di eFKa :

o MCQ (Multiple Chooise Question), yaitu ujian tertulis blok. Soalnya bervariasi mulai dari 125 soal waktu blok 1 dan meningkat menjadi 150 soal di blok selanjutnya. Tipe soal yaitu pilihan ganda, bahasa inggris, dan seluruhnya berkaitan dengan Blok yang dipelajari. Yang perlu di pelajari saat MCQ, kalian baca saja Slide dari dosen. 20-25% nilai blok dari sini.

o OSOCA (Objektive structurak Oral Case Analysis), yaitu kalian akan masuk di ruang karantina, terus di bagi menjadi beberapa kelompok. Nah setelah itu akan di panggil satu persatu dari setiap kelompok. Kalian satu orang akan masuk ke ruangan untuk mengerjakan sebuah kasus dalam kertas-kertas Flip Chart, setelah itu akan dibawa ke sebuah ruangan untuk presentasi di depan dua orang penguji. Ingat!!kalian presentasi sendirian dalm ruang itu. Trus kalian akan ditanya oleh dosen penguji, disinilah proses yang mnakutkan sebenarnya. Karena setiap yang ditanya biasanya hal yang belum mereka dengar dalam penjelasan kita tetapi ada dalam check list penilaian, tahulah apa jadinnya jika kita tak bisa menjawab. Eit, tapi yang perlu kalian pelajari untuk OSOCA Cuma baiknya tentang semua Tutorial dalam blok itu. Sebenarnya ada dua jenis ujian presentasi ini, kadang kita menggunakan format OSOCA, kadang juga SOCA. Nanti kalian akan tahu. Sekitar 20-25% nilai dari ujian ini.

o OSCEA, Yaitu proses pengujian dalam hal klinis alias praktek, misalnya pengukuran tensi darah, detak jantung, dan lain sebagainya. OSCEA ngk dalam setiap blok ada, sekitar 20-25% nilai blok dari sini.

BUKU-BUKU gimana?????????

Dalam proses belajar tentunya kita memang membutuhkan buku. Tapi ngk usah kalian khawatir. Memang ada buku yang harganya 1.380.000 itu buku SOBOTTA, berisi gambaran tentang seluruh bagian tubuh manusia. Tapi kalian kalo ngk bisa beli, beli aja penuntun praktikum 45.000 yang disediakan dosen. Masalah mau beli atau ngk buku itu urusan pribadi masing-masing. Tapi bagi yang mau beli jangan terburu-buru beli di luar. Karena biasanya akan ada yang jual di kelas dengan harga yang jauh murah sekali di banding di luar.

Nge-Kost????????

Hidup adalah perjuaangan, bagi teman-teman dari luar kota, ngk usah takut nge-Kost di Indralaya karena banyak sekali kost-an yang bisa kalian tempati, tanya saja ke kakak tingkatmu, atau ke persatuan daerahmu. O.K lagian buat FK, Cuma setahun di Indralaya, trus lanjut 2,5 tahun kuliah di Madang Palembang, trus co-ast 1,5 tahun lagi deh di RSMH dan rumah sakit mitra lainnya.

EKSTRA?????

Walaupun kalian itu sok kutu buku, tapi jangan pernah ngk ikut yang namanaya organisasi. Di Kedokteran banyak Badan Otonom yang mencakup seluruh kegiatan anak FK, mulai dari BPPM Ibnu Sina sebagai Rohisnya, trus MEDIFKA sebagai badan media informasi, Klub Akademik, AMSA, dan BEM serta masih banyak yang lain yang bisa kalian ikuti. O.K


3 responses to “Mengenal KBK di FK UNSRI

  1. Mahdiah mengatakan:

    Assalamu’alaikum

    Saya mau tanya kira2 jalur masuk UNSRI selain lwat PMP, SNMPTN dan ujian msuk ad lgi g??
    Apa benar kalau dari satu sekolah hanya diterima satu orang saja untuk satu fakultas dan g bisa lebih??
    Cara kita me-manage waktu nya gmana??
    Jazakallah

    • daniarma mengatakan:

      unsri, ada jalur PMP, PBKD (beasiswa daerah), SNMPTN, USM (non reg), bidik misi.
      untuk tahun 2011, karena BHP ditolak, maka 60% untuk reguler, dan 40% untuk non reguler. nah 60% itu ternyata SNMPTN, dan PMP semuanya dari sana.

  2. Rahma Putri Utami mengatakan:

    terima kasih kak, jurnalnya bagus sekali. sangat membantu saya. jurnal-jurnal tentang FK Unsri lainnya, ditunggu ya kak🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: