Dani

Dokter muda..struggling to doctor..

Mengenal FK UNSRI

pada 4 Agustus 2010

Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya adalah salah satu upaya pemerintah tuk mengembangkan pemikiran masyarakat Indonesia umumnya dan sumatera selatan khususnya dalam dunia kesehatan.

Fakultas Kedokteran ini telah didirikan sejak tahun ……. Dan telah banyak menghasilkan dokter-dokter yang kompeten. Tentu pula mereka kini telah mendapat berbagai gelar, professor, doctor atau spesialis dalam bidangnya.

Saat ini tahun 2008/2009 Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya dipimpin oleh yaitu

Dekan Prof. dr. Zarkasih,

PD 1 dr. Erial bahar

PD 2 dr. Herman, dan

PD 3 dr.Syarief Husin

Fakultas Kedokteran Unsri sedikit berbeda dengan Fakultas Kedokteran di Indonesia. Biasanya pada Fakultas Kedokteran di universitas lain hanya terdapat satu bidang studi yaitu pendidikan dokter umum (PDU), sedangkan di fakultas kedokteran unsri terdapat tiga program studi yaitu

  • Program studi Pendidikan Dokter Umum (PDU)
  • Program studi Pendidikan dokter gigi (PSKG),
  • Program studi Ilmu Keperawatan (PSIK),

sebelumnya terdapat Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) yang kini telah berdiri menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

Sejak tahun 2006 Fakultas ini khususnya pada program studi pendidikan dokter umum, telah mengembangkan pendidikan berbasis kompetensi (KBK), dimana system pembelajaran tidak lagi secara konvensional yang satu arah, dengan proses belajar ini telah dikembangkan system-system belajar menjadi beberapa jenis pembelajaran yaitu

  • Kuliah Integrated teaching
  • Tutorial,
  • Praktikum, dan
  • Skill Lab

yang telah dijelaskan pada tulisan sebelumnya.

Saat ini dengan system kuliah baru ini, gelar dokter dapat diraih dengan kurang lebih waktu lima tahun, dengan rincian 3,5 tahun kuliah tuk mendapat sarjana kedokteran (s.ked), dilanjutkan dengan co-ast 1,5 tahun untuk meraih gelar dokter. Tentunya setiap system memiliki kekurangan dan kelebihan yang harus semakin kita perbaiki kekurangannya, karena dengan system yang baru ini banyak terjadi perubahan proses belajar dan penilaian.

Tentunya terdapat pula di Fakultas ini Organisasi kemahasiswaan, yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang dipimpin oleh seorang gubernur. BEM inilah yang menjembatani hubungan birokrat kampus dan mahasiswa.

BEM dibantu beberapa badan Otonom yang berfungsi dalam bidang masing-masing sebagai wadah kegiatan mahasiswa, diantaranya :

BPPM Ibnu Sina, Merupakan Badan Pengembangan Potensi Muslim di fakultas kedokteran

TBMS, Tim bantuan Medis Sriwijaya

Medifka, merupakan Media Informasi Fakultas Kedokteran

Klub Akademik, memberikan bimbingan pembelajaran tiap minggunya

AMSA

Menjadi kebanggaan tersendiri jika kita dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan potensi yang telah diberikan oleh Allah SWT sebagai wujud sujud syukur kita sebgai hambanya yang tak pernah lepas dari nikmat-Nya.

Mari Bergabung Bersama Kami


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: